Senin, 09 Januari 2012

DOS2USB : Print di DOS dengan Printer Dotmatrik lewat USB Port

Beberapa motherboard dengan keluaran baru tidak menyediakan LPT1 (Printer Port) Pada Outputnya. Untuk mengakalinya, maka dibutuhkan Card LPT atau Kabel LPT to USB Port. Dengan menggunakan kabel ini, maka Printer bisa berjalan dengan membuat LPT Virtual yang disebut LPT3. Dengan LPT3 ini, printer bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Masalah kemudian muncul ketika Printer akan digunakan dalam program DOS (Under DOS). Maka printer tidak akan bereaksi. Karena, Printer akan mencari LPT1 sebagai default Port -nya. Beberapa program, terutama program perkantoran atau program yang ber - database berdasar pada program Under DOS.

Untuk mengakali hal ini, kita membutuhkan sebuah program yang akan mentransfer perintah printer dalam program Under DOS yang menggunakan LPT1 ke port printer yang menggunakan LPT3 (USB). Program tersebut adalah DOS2USB.


DOS2USB memungkinkan perintah DOS yang tidak bisa menerima USB Port jadi memungkinkan. Program ini cukup kecil, hanya sekitar 1 MB, dapat bekerja pada Program Windows 95, 98, ME, 2000, dan Windows XP.

Untuk melihat situs WEB -nya, silakan kesini http://www.dos2usb.com/ .

Tapi, program ini berbayar. Untuk mendapatkan serial number -nya, silakan Download DISINI.


EmoticonEmoticon