Sabtu, 14 Januari 2012

CARA BERBAGI JARINGAN INTERNET DENGAN WIRELESS LAPTOP

Berawal dari keinginanku agar bisa berinternet bareng dengan istri dan anak tanpa saling berebut, maka aku coba googling dan mendapatkan panduan untuk menggunakan software "Conectifity", namun ternyata software ini memakan memori prosesor hingga 50% lebih, yg menyebabkan kinerja laptopku jadi luemot puol kayak jalannya gajah naik kura-kura....
Akhirnya aku uninstall software tsb, dan coba-coba setting dengan referensi dari layanan HELP bawaan windows, tanpa software tambahan apapun.
Susunan jaringan yg aku gunakan sbb :

PC dirumah ber OS Windows 7 Ultimate, (sst...jangan bilang-bilang klo pakai bajakan...he he he...) terhubung ke internet dengan modem ADSL (pake speedy)
NIC yg tersedia di PC LANCARD realtek (disambung ke modem speedy) dan LANCARD Wireless Broadcom (disetting sbg adhoc PtP)Langkah setting sbb :

Control Panel ; View Network Status and Task



Change Adapter Setting
Klik kanan pada local area conection lalu klik properties

Klik tab sharing kemudian centang pada kotak "Allow other network users to connect trought this computer the internet conection", jika microsoft virtual wifi miniport active, akan muncul beberapa pilihan, pilih yg "wireless LAN card". kemudian klik setting, centang pada pilihan "Web server (HTTP)" kemudian klik OK.
Jika berhasil akan muncul pemberitahuan nomor IP address gateway local, catat no IP tersebut, biasanya no : 192.168.137.1Setting Jaringan Adhoc

control panel; network and internet; network and sharing center. Muncul layar network klik pada "Set up new conection or network"

set up wireless adhoc (comp.....).. lalu Next dan Next lagi
beri nama networknya, misal "Internetku", jika anda tidak faham dg security wireless maka pilih saja yg No Authentication (open), lalu centang pada save this network lalu next, next dan close.Mengaktifkan Network Adhoc dan Internet

Klik pada Icon Network, maka akan muncul jaringan Adhoc yg baru anda buat, klik lalu konekkan.
Setelah konek, nyalakan komputer lainnya, survey wireless lalu konekkan (LOS sekitar 10-20 meter)
Tentu saja pc induknya harus sudah terhubung dg internet.... selamat mencoba...pc clien akan mendapatkan IP otomatis atau di setting otomatis, jika IP otomatis nggak jalan maka harus menggunakan IP manual dg Gateway yang ditulis tadi.

1 komentar


EmoticonEmoticon