Jumat, 06 Oktober 2017

Cara Membuat KPI Individu Karyawan

Bagaimana cara membuat KPI?
Step 1 Siapkan Job Description
Kami anggap anda sudah memiliki Job Description yang lengkap dan benar. Tuliskan semua tugas dan tanggung jawab atau main job dari pemegang jabatan yang akan dibuatkan KPI nya.
Step 2 Definisikan Objective
Setelah menuliskan semua main job dari pemegang jabatan, definisikan atau temukan objective dari setiap main job secara detil dan lengkap. Dalam penentuan objective jangan sampai salah, karena akan berakibat fatal. Diskusikan dalam team, apakah objective yang sudah ditentukan memang sudah tepat dan benar.
Step 3 Rancang Indicator’s nya
Dari masing-masing objective, rancanglah indikator-indikator yang mampu menjadi tolak ukur keberhasilan dari setiap objective tersebut. sampai step 3 ini, kita sudah mendapatkan indikator yang nantinya mungkin akan menjadi Key Performance Indicators atau KPI. Anda harus mempelajari bahasa standard KPI dan pastikan KPI yang anda buat harus kuantitatif, tidak boleh kualitatif.
Step 4 tentukan Target
Tentukan target dari masing-masing indikator. Menjadi tugas atasan dalam pemberian dan penetapan target. target yang anda buat harus S.M.A.R.T (Specific/Jelas, Measurable/Terukur, Archievable/Bisa dicapai, Realistic/Masuk akal, Timely/Batas waktu).
Step 5 Tentukan Key Initiative-nya
Dari indikator-indikator yang sudah anda tuliskan, langkah selanjutnya adalah menentukan apa inisiatif atau tindakan yang harus dilakukan agar target dapat dicapai. Key initiative harus dapat dieksekusi dengan mudah, jika key initiative tidak dapat dieksekusi, maka anda harus mencari initiative lainnya.
Sampai disini, pembuatan KPI sudah bisa dinggap selesai. Langkah selanjutnya adalah merumuskan formula bagaimana cara menghitung nilai KPI dan bagaimana melakukan pembobotan KPInya.
Dari uraian diatas ternyata sangat mudah bukan cara membuat KPI? ya mudah sekali, silakan rekan-rekan coba buat untuk karyawan di perusahaan anda.


EmoticonEmoticon